PELATIHAN DASAR UNTUK FRONTLINER DI RSGM UNPAD
Upaya peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh RSGM UNPAD kali ini dengan menyelenggarakan Frontliner InHouse Training RSGM UNPAD atau Pelatihan Dasar bagi Frontliner di RSGM UNPAD. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 7 Desember 2021 dari sekitar pukul 08.00-15.30 WIB, di Ruang Rapat Lantai 4 RSGM UNPAD.
Pelatihan Dasar bagi Frontliner ini dibuka oleh Direktur Utama RSGM UNPAD, Dr. Kosterman Usri, drg., MM, dihadiri oleh jajaran Direktur, Manajer, dan Kepala Instalasi RSGM UNPAD. Adapunpeserta yang tergabung pada hari ini adalah staf RSGM UNPAD di bagian Tenaga Teknik Kefarmasian, Perekam Medik, Pendaftaran, Promosi Kesehatan, Kasir, Satuan Keamanan, dan Supervisor CS.
Pembicara pada Pelatihan Dasar bagi Frontliner di RSGM UNPAD ini adalah Tim dari Binaloka Institute, yaitu Bapak Yoyo Gilly Yozanfa, SS., Bapak Kiki Ridwansyah, dan Bapak Tito Muratawan. Materi yang disampaikan pada pelatihan ini diantaranya:
- Personal Grooming (Penampilan Pribadi Seorang Frontliner)
- Frontliner Ethics (Etika Seorang Frontliner)
- Hospitality Service Basics (Dasar-dasar Pelayanan Bidang Jasa)
- Four Basic Guest Needs (Empat Dasar Kebutuhan Tamu)
- Phone Etiquette (Etika Telepon)
- Do Not Do (Tidak Boleh Dikerjakan/Dilakukan)
- Converse Technique (Teknik Berkomunikasi)
- The Power of Smile (Sebuah Kekuatan Tersenyum)
- The Achievement Quality of Service (Peningkatan Kwalitas Pelayanan)
- Product Knowledge (Pengetahuan Produk)
- Handling Complaint (Panduan Menangani Keluhan Tamu)
- Rencana Tindak Lanjut, Penilaian Evaluasi 1 Minggu
Setelah selesai penyampaian seluruh materi, Binaloka Institute mengarahkan seluruh peserta untuk bermain peran (Roleplay) sebagaimana alur dari pasien datang hingga pasien pulang. Roleplay dilakukan agar materi yang telah diterima dapat langsung disimulasikan.
Besar harapan setelah dilakukan Pelatihan Dasar bagi Frontliner di RSGM UNPAD ini dapat meningkatkan kualitas diri pada individu SDM yang ada, lalu berdampak pada optimalisasi kinerja, dan dampak terbesarnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan serta kepuasan pengunjung RSGM UNPAD.